Contoh Struktur Laporan Hasil Studi Kelayakan

1. Judul
Pada halaman judul, tuliskan Nama Perusahaan klien, Nama Proyek (jika belum ada nama, harap ditentukan sekarang), Versi saat ini dan Tanggal.

2. Detail publikasi
Terbagi atas dua bagian, yakni:
a. Versi dokumen
Daftar riwayat perubahan dokumen.
b. Otorisasi
Menandakan bahwa dokumen ini resmi dan dapat dipertanggungjawabkan oleh pihak pembuatnya.

3. Ringkasan eksekutif
Tuliskan secara ringkas latar belakang dan hasil studi kelayakan. Sampaikan hanya hal-hal utama saja, dan tidak perlu detail.

4. Pendahuluan 
Tuliskan satu atau dua paragraf singkat mengenai tujuan dan isi dari dokumen ini.
a. Tujuan studi kelayakan
Penjelasan mengenai studi kelayakan ini.
b. Audiens yang dituju
Daftarkan audiens yang dituju, yaitu manajer unit, manajemen senior, pimpinan proyek dan manajer IT.
c. Tinjauan sistem (System Overview)
Penjelasan singkat mengenai sistem berjalan yang akan terpengaruh oleh karena adanya proyek ini.
d. Ringkasan faktor pengaruh studi kelayakan
Tuliskan penjelasan ringkas tentang faktor-faktor yang memengaruhi hasil studi kelayakan, seperti kebijakan-kebijakan bisnis, batasan ruang lingkup ataupun teknologi yang ada.
e. Dokumen referensi
Daftarkan dokumen sumber yang berhubungan dengan studi kelayakan proyek ini, seperti panduan SOP, peraturan perusahaan, dan sebagainya.

5. Latar belakang
Pada bagian ini berikan penjelasan mengenai latar belakang dilakukannya studi kelayakan. Tuliskan dua atau tiga paragraf mengenai karakteristik tujuan bisnis, tetapi tidak perlu penjelasan detail mengenai pelaksanaan untuk mencapai tujuan bisnis tersebut.
a. Tinjauan masalah
Penjelasan mengenai masalah yang melatarbelakangi dan kemungkinan solusi yang didapatkan dari proyek dalam studi kelayakan ini.
b. Pengaruhnya pada organisasi/ perusahaan
Penjelasan mengenai pengaruh masalah ini pada organisasi/perusahaan
c. Pengaruhnya pada Unit Bisnis .
Penjelasan lebih detail, mengenai pengaruh pada operasional unit bisnis.
d. Pengaruhnya pada aplikasi yang berjalan
Jika ada software aplikasi yang telah digunakan, beri penjelasan juga seberapa banyak masalah ini memengaruhi aplikasi yang digunakan, atau mungkin aplikasi ini adalah salah satu sumber permasalahan yang ada.
e. Pengaruhnya pada infrastruktur
Penjelasan mengenai pengaruh masalah ini pada infrastruktur, seperti aplikasi enterprise, jaringan maupun bandwidth akses jaringan dan internet.

6. Solusi yang diajukan
Penjelasan secara singkat mengenai solusi yang diajukan untuk mengatasi masalah-masalah yang telah dijelaskan sebelumnya.
a. Deskripsi Solusi
Berikan penjelasan mengenai konsep dari solusi yang diajukan, bisa berupa diagram, untuk memberikan gambaran solusinya dan mitigasi dari dampak yang mungkin terjadi. Bagian ini juga bisa berisi rencana kontigensi (darurat) disertai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengambil solusi alternatif.
b. Peningkatan yang diharapkan
Berikan penjelasan bagaimana dengan adanya solusi ini maka akan memberikan peningkatan terhadap sistem yang ada sesuai dengan identifikasi masalah (dalam penjelasan latar belakang) serta sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
c. Pengaruh soIusi
Bagian ini serta sub-bagiannya memberikan penjelasan tentang pengaruh solusi dan kemungkinan adanya masalah potensial oleh karena adanya solusi tersebut.
1) Pengaruh pada organisasi
Penjelasan mengenai training, job description, penambahan dan perubahan staf, perubahan keahlian yang dibutuhkan dan keberlanjutan bisnis oleh karena pengaruh dari solusi tersebut.
2) Pengaruh pada unit bisnis
Penjelasan mengenai perubahan pada prosedur operasional, struktur pelaporan, kebijakan-kebijakan dan sebagainya, karena solusi tersebut.
3) Pengaruh pada infrastruktur
Penjelasan mengenai pengaruh solusi terhadap keamanan jaringan dan data, perlunya peningkatan kapasitas (upgrade) hardware dan peralatan penunjang lainnya, atau perlunya modifikasi fasilitas yang ada.
4) Pengaruh pada aplikasi yang berjalan
Penjelasan mengenai pengaruh solusi pada perubahan metodologi, upgrade dan modifikasi software, atau perlunya tambahan keterampilan pada staf


d. Alasan pendukung untuk solusi yang diajukan
Berikan penjelasan detail untuk mendukung solusi yang ditawarkan dan hasil studi kelayakan, bisa dengan mengacu pada bagian analisis biaya-manfaat, atau isu seperti standardisasi, hubungan dengan vendor, ataupun best practice.

7. Perbandingan terhadap solusi altematif
Berikan gambaran solusi altematif yang dapat dipertimbangkan, dan berikan perbandingan serta penjelasan mengapa solusi yang diajukan yang dipilih. Bisa juga diberikan penjelasan detail mengenai perbedaan utama, masalah yang mungkin ada dan manfaat masing-masing solusi. Jika memungkinkan, gunakan matrix untuk menjelaskan perbandingan.

8. Analisis biaya-manfaat (Cost-Benefit Analysis)
Gunakan analisis biaya manfaat untuk solusi yang ditawarkan dan bila perlu tunjukkan juga analisis solusi alternatif, sehingga bisa menjadi data pendukung untuk penjelasan mengenai perbandingan pada bagian sebelumnya.


DOWNLOAD 

0 komentar:

Post a Comment