Data Warehouse Dan Pembahasannya

1. Pengertian Data Warehouse

      Menurut Innon tahun 2002, h.31-35, Data warehouse adalah kumpulan data yang berorientasi subyek, terintegrasi, tidak dapat diupdate, memiliki dimensi waktu, yang digunakan untuk mendukung proses manajemen dalam mengambil keputusan dan kecerdasan bisnis.

2. Karakteristik Data Warehouse

      Ada 4 karakteristik data warehouse yaitu :
a. Berorientasi Subjek (Subject Oriented
Data warehouse berorientasi subject artinya data warehouse didesain untuk menganalisa data berdasarkan subject-subject tertentu dalam organisasi,bukan pada proses atau fungsi aplikasi tertentu.
b. Teritegrasi (Integrated)
Data Warehouse dapat menyimpan data-data yang berasal dari sumber-sumber yang terpisah kedalam suatu format yang konsisten dan saling terintegrasi satu dengan lainnya. Dengan demikian data tidak bisa dipecah-pecah karena data yang ada merupakan suatu kesatuan yang menunjang keseluruhan konsep data warehouse itu sendiri
c. Rentang Waktu (Time Variant)
Seluruh data pada data warehouse dapat dikatakan akurat atau valid pada rentang waktu tertentu. Data tidak menyediakan status saat ini, mereka disimpan untuk lima atau sepuluh tahun atau lebih dan digunakan untuk tren, peramalan dan perbandingan.
d. Nonvolatile
maksudnya data pada data warehouse tidak di-update secara real time tetapi di refresh dari sistem operasional secara reguler. Data yang baru selalu  ditambahkan sebagai suplemen bagi database itu sendiri dari pada sebagai sebuah perubahan. Database tersebut secara kontinyu menyerap data baru ini, kemudian secara incremental disatukan dengan data sebelumnya.

3. Keuntungan Data Warehouse

      Membangun data warehouse tentu saja memberikan keuntungan lebih bagi suatu perusahaan, karena data warehouse dapat memberikan keuntungan strategis pada perusahaan tersebut melebihi pesaing-pesaing mereka. Keuntungan tersebut diperoleh dari beberapa sumber (Sean Nolan,Tom Huguelet):
1. Kemampuan untuk mengakses data yang besar
2. Kemampuan untuk memiliki data yang konsistent
3. Kemampuan kinerja analisa yang cepat
4. Mengetahui adanya hasil yang berulang-ulang
5. Menemukan adanya celah pada business knowledge atau business process.
6. Mengurangi biaya administrasi
7. Memberi wewenang pada semua anggota dari perusaahan dengan menyediakan kepada mereka informasi yang dibutuhkan agar kinerja bisa lebih efektif.

4. Tujuan Data Warehouse

1. Mempermudah pengaksesan informasi perusahaan
2. Menyediakan informasi perusahaan secara konsisten
3. Mampu beradaptasi dan tahan terhadap perubahan
4. Mampu mengamankan informasi Perusahaan
5. Mampu memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan
6. Dapat diterima dan dioperasikan dengan baik oleh pengguna

5. Mekanisme Data Pada Data Warehouse

      Data warehouse memiliki empat level data (kimball, 2004), yaitu :
1. Level Operasional
Level ini khusus menyimpan data yang berorientasi pada aplikasi secara detil dan diutamakan untuk memenuhi kebutuhan operasional. Akses pada level operasional pada umumnya memiliki frekuensi yang sangat tinggi. Level ini sering juga disebut dengan OLTP (Online Analytical Transactional Processing)
2. Level Integrasi
Level ini menyimpan data historis yang terintegrasi serta berorientasi subjek. Data pada level ini lebih sederhana daripada di level operasional dan tidak dapat di-update.
3. Level data mart
Level ini dirancang sesuai dengan kebutuhan dari pengguna dan merupakan data agregasi.
4. Level Individual
Level ini merupakan tempat terjadinya analisis dan reporting. Data pada level ini bersifat temporal, ad hoc, heuristik, dan non retitif.

6. Proses Dalam Data Warehouse

      Beberapa proses yang terjadi dari basis data operasional menuju data warehouse adalah sebagai berikut (corey, dkk, 2001) :
1. Melakukan ekstraksi data dari berbagai sumber
2. Melakukan integrasi data ke tempat yang umum
3. Menyimpan data dalam format yang dapat digunakan oleh pengguna
4. Menyediakan mekanisme bagi pengguna agar dapat mengakses data warehouse.

7. Data Mart

      Bill Inmon dkk menentukan data mart adalah subset dari data warehouse yang telah disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan departemen.

8. Metadata

      Metadata adalah tentang kumpulan data yang telah ada pada program data warehouse dan data operasional.

9. ETL (Extraction Transformation Loading)

      ETL adalah salah satu proses dalam data warehouse yang melibatkan pembacaan data dari sumbernya, pembersihan dan penyesuaian format data tersebut, penulisan data tersebut ke dalam ruang penyimpanan untuk digunakan lebih lanjut. (Songini, 2004).

10. Online Analythical Processing (OLAP)

      Konsep OLAP pertama diusulkan oleh E.F Codd, untuk merepresentasikan model data multidimensional. OLAP (Online Analytical Processing) adalah teknologi yang memproses data di dalam data warehouse dalam struktur multidimensi, menyediakan jawaban yang cepat untuk query analisis yang kompleks
      Tujuan dari OLAP adalah mengordinisir sejumlah data yang besar, agar bisa d1~nalisa dan.dievaluasi dengan cepat menggunakan sarana online seperti misalnya Microsoft PivotTable serta representasi grafik. Sistem OLAP menyediakan kecepatan dan fleksibilitas untuk mendukung analisa dalam waktu nyata.
      Data warehouse dan OLAP (Online analytical Processing) menyediakan kunci untuk memecahkan masalah yang kompleks, karena secara umum mampu menyediakan data yang terkonsolidasi dan konsisten, berorientasi pada topic tertentu, bersifat historis dan hanya bias dibaca (read only).

11. Cube

      Cube adalah bagian utama dari OLAP. Cube berisi kumpulan banyak data yang telah disatukan (di agregasi) sehingga mempercepat hasil query. Misal, data penjualan yang telah disatukan dengan data periode waktu dan jenis barang, akan mempercepat hasil query untuk menampilkan data penjualan per minggu, atau per bulan dan berdasarkan jenis barang tertentu. (Webb, dkk., 2009)

12. Pengembangan Data Warehouse

      Menurut Kimball ada sembilan tahap yang dilakukan untuk mengembangkan database data warehouse, antara lain:
1. Pemilihan proses
2. Pemilihan sumber
3. Mengidentifikasi dimensi
4. Pemilihan fakta
5. Menyimpan pre-kalkukasi di tabel fakta
6. Melengkapi tabel dimensi
7. Pemilihan durasi tabel data
8. Menelusuri perubahan dimensi
9. Menentukan prioritas dan mode query

13. Perancangan Data Warehouse

      Ada 2 pendekatan dalam membuat data warehouse:
1. Skema Bintang (Star Schema)
Mengikuti bentuk bintang. Skema bintang terdiri atas 1 tabel fakta (fact table) dipusat bintang dengan beberapa table dimensi (dimensional tables) mengelilinginya. Semua table dimensi secara langsung berhubung ke table fakta.


2. Skema Bola Salju (Snowflake Schema)
Skema bola salju merupakan perluasan dari skema bintang dengan tambahan berupa beberapa table dimensi yang tidak terhubung secara langsung ke tabel fakta, melainkan melalui tabel dimensi lainnya.



Perbandingan Dua Search Engine Google dan Bing


Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah tulisan tentang Perbandingan Dua Search Engine yaitu Google dan Bing. Adapun tulisan ini akan dibahas secara lengkap tentang perbandingannya dari berbagai point :
  1. Perbandingan Interface (antar muka) Google dan Bing
  2. Perbandingan Fungsionalitas Google dan Bing
  3. Perbandingan Segi Layanan Google dan Bing
  4. Perbandingan Kecepatan Akses Google dan Bing
  5. Perbandingan Kecepatan Hasil Google dan Bing
itulah, inti pembahasan tulisan ini, silakan download filenya disini :



Perbedaan @reply dan direct message di twitter dan cara terbaik meresponnya


Pada twitter anda dapat melakukan komunikasi dengan teman anda, yaitu dengan cara membalas tweet mereka yang kita kenal dengan @reply. Dengan cara @reply ini anda bisa merespon tweet teman, namun harus benar-benar diingat karena respon @reply anda ini akan tampil di tweet dan balasan tweet serta dapat dilihat oleh umum. Untuk itu, gunakanlah kata-kata yang baik dan hindari komentar yang bersifat rahasia atau pribadi.

Berikut adalah cara terbaik merespon tweet dengan metode @reply :

  1. Responlah tweet teman anda dengan komentar yang membuat teman anda senang, ingat komentar anda dapat dilihat oleh publik. Kalau anda suka dan selalu memberi komentar anda baik, maka pengguna twitter lain akan melirik anda, kemungkinan besar mereka akan menambahkan anda sebagai orang yang mereka ikuti alias menjadi follower anda.
  2. Jika anda membuat komentar yang salah, segeralah anda menghapusnya dengan pilihan “delete tweet”.
  3. Buatlah respon yang menimbulkan diskusi publik. Misalnya hari ini tanggal 17 September 2014 BBM dinaikkan pak Jokowi. Anda bisa membalasnya dengan “Kalau beralih pakai BBG, ribet gak ya pakai motornya?”. Respon anda seperti ini akan meningkatkan respon dan komentar semakin banyak, dan anda akan dilirik untuk dijadikan sebagai follower mereka . Silakan coba.
Selanjutnya di twiiter anda akan mengenal direct message, fungsi ini disediakan oleh twitter agar kita dapat mengirim pesan kepada follower secara pribadi dan tidak dapat dilihat oleh publik.  Ini merupakan kebalikan dari metode @reply. Adapun cara terbaik menggunakan direct message yaitu :

  1. Kenali follower anda, jika memang kenalan anda silakan lakukan komunikasi sesuai selera anda dan teman anda. Namun, jika bukan teman anda sebaiknya anda berkenalanlah lebih dahulu, baru kemudian sampaikan maksud anda.
  2. Hindari pesan spam (sampah), ini akan membuat follower anda sakit hati, dan bisa-bisa anda tidak diikuti lagi (unfollower).
  3. Buatlah komunikasi yang saling menguntungkan. Silakan coba.
itulah perbedaannya sekaligus cara menggunakan twitter yang bijak dan benar, dan Tips ini dapat menambah follower menjadi lebih banyak. Jadikan twitter anda tidak hanya untuk personal tapi jadikan Twitter untuk bisnis.

7 Tipe Website

Sebelum membuat sebuah web, ada baiknya mengetahui untuk tujuan apa web itu dibangun. Nah, jika belum menemukannya mungkin disini ide anda terbuka.

Berikut ini adalah tipe website :

  1. WP (Web Personal), yakni sebuah web yang berisikan tentang tulisan hidup pribadi, pengalaman atau tulisan-tulisan ilmiah hasil karya pribadi.
  2. WB (Web Branding), yakni sebuah web yang digunakan mempopulerkan nama seseorang atau nama produk. Web ini dapat memperluas penggemar atau fans.
  3. WM (Web Marketing), sesuai namanya web ini ditujukan untuk pemasaran sebuah produk atau informasi.
  4. WC (Web Corporate), yakni sebuah web yang mempresentasikan deskripsi dan profil perusahaan.
  5. WT (Web TV), yakni sebuah web yang menyediakan streaming TV, seperti MIVO TV dan UseeTV
  6. WO (Web Mobile) yakni web yang ditujukan untuk pengguna mobile atau perangkat bergerak seperti smartphone, phablet dan lain-lain.

4 hal yang harus dipertimbangkan sebelum berbisnis online

Berikut ini adalah 4 hal yang harus dipertimbangkan sebelum berbisnis online :

1. Menguntungkan
Produk atau jasa yang anda tawarkan bukan sesuatu yang sia-sia. Mesti menguntungkan dari dua sisi yaitu bagi pelanggan dan anda sendiri selaku penjual.

2. Anda Senangi
Bisnis yang dijalani mestilah berupa hobi atau anda suka melakukannya, semangat itu bisa naik dan turun, kalau anda menyenangi bisnis anda, pastilah anda tetap bersemangat melakukannya.

3. Mudah dijalankan
Sebenarnya memang tidak ada yang sulit, pahamilah baik-baik tentang prosesnya.
contohnya saja, menjual sebuah produk yang sulit anda cari (langka). Ini akan membuat anda kesulitan sedangkan pelanggan anda sudah banyak yang ngantri untuk memesan.

4. Punya add value (nilai tambah)
Maksudnya jika anda punya pesaing yang menjual produk sama dengan anda, maka buatlah nilai lebih pada produk anda, misalnya memberikan kemasan yang lebih menarik, ada bonus (ex. beli 2 gratis 1). Disinilah lebih dituntut kreatif anda.


Beasiswa Rohil 2014 new


PERSYARATAN PENGAJUAN BANTUAN BEASISWA KELUARGA MISKIN UNTUK MAHASISWA
DIPLOMA 1, DIPLOMA 2, DIPLOMA 3, DIPLOMA 4 dan STRATA 1
UNTUK TAHUN ANGGARAN 2014

Dalam upaya membantu Mahasiswa Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3,  Diploma 4 dan Strata 1, pada Tahun Anggaran 2014 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir  akan menyalurkan Bantuan Beasiswa dengan persyaratan sebagai berikut :

A.  Ketentuan Umum :

  1. Pemohon adalah setiap Mahasiswa (D1, D2,D3, D4 dan S1) yang sedang berkuliah pada berbagai Perguruan Tinggi Negeri/Swasta;
  2. Surat permohonan (bermaterai 6000) yang dialamatkan kepada Bupati atau melalui Bagian Bina Kesra, dengan melampirkan rincian penggunaannya; Download Contoh!
  3. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Pemohon atau sebutan lain yang masih berlaku;
  4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Rokan Hilir Pemohon yang masih berlaku;
  5. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Rokan hilir Orang Tua Pemohon yang masih berlaku;
  6. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Kabupaten Rokan Hilir yang masih berlaku dan atau Surat Keterangan dari Penghulu/Camat yang menerangkan bahwa Orang Tua Pemohon pernah berdomisi di wilayah kabupaten Rokan Hilir.
  7. Fotocopy transkrip nilai (IPK minimal 3) semester 3 (tiga) s/d semester 8 (delapan) yang dikeluarkan dan dilegalisir oleh pejabat Fakultas yang berkenaan;
  8. Fotocopy bukti setoran pembayaran uang kuliah terakhir;
  9. Pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 (dua) lembar;
  10. Surat Pernyataan Tidak Akan Menuntut apabila tidak lulus seleksi yang ditandatangani oleh Yang bersangkutan di atas kertas bermaterai 6000. Download Contoh!
  11. Surat Pernyataan tidak berstatus sebagai Pegawai/Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS/CPNS) diketahui oleh Penghulu/Lurah;
  12. Surat Keterangan Masih Aktif Kuliah oleh Fakultas
  13. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah atau Camat Setempat;


B. Ketentuan Khusus :
1.   Bantuan yang diberikan kepada Mahasiswa sebagaimana dimaksud ditentukan sbb :
a. Diploma 1    : 1 (satu) Semester
b. Diploma 2    : 1 (satu) Semester
c. Diploma 3    : 2 (dua) Semester, III dan IV.
d. Diploma 4 dan  Strata 1    : Semester III s/d VIII.
2.   Besarnya bantuan beasiswa kepada Mahasiswa ditetapkan oleh Bupati Rokan Hilir/Pengguna Anggaran dengan Surat Keputusan.
3.   Fotocopy berkas masing-masing rangkap 5 (lima) yang terdiri dari Asli 1 (satu) rangkap dan fotocopy 4 (empat) rangkap, D4/S1(plastik jilid kuning), D3 (plastik jilid merah), D2 dan D1 (plastik jilid Biru).

C. Jadwal dan Tempat Pengumpulan Berkas :
1. Berkas persyaratan permohonan bantuan tersebut diserahkan langsung ke Sekretariat HIPEMAROHI Pekanbaru, Asrama Mahasiswa Rokan Hilir, Jl. Markisa - Paus, Pekanbaru.
2. Permohonan sebagaimana dimaksud telah diterima selambat-lambatnya tanggal 14 November 2014 dan apabila permohonan dikirim tidak sesuai dengan tanggal tersebut, maka panitia dari HIPEMAROHI Pekanbaru tidak bisa melanjutkan berkas ke Panitia Bagian Bina Kesra Sekretariat Rokan Hilir, Bagan Siapi-api.

NB:

  1. Untuk mempermudah dalam pelayanan dan administrasi, persyaratan (KTM, KTP, dan KK) Jika tidak memungkinkan, bisa tidak dilegalisir .
  2. Urutan berkas sesuai dengan urutan bahan pertimbangan/lampiran yang ditulis di surat permohonan
  3. Berkas permohonan yang telah dijilid 5 rangkap, dimasukkan ke amplop besar menjadi 1 berkas. Pada amplop mohon tulis (Hal, Dari, dan Kepada Yth) sesuai surat permohonan.
Terima Kasih


Informasi:

Sekretariat HIPEMAROHI - Pekanbaru

Asrama Mahasiswa Rokan Hilir, Jl. Markisa - Paus, Nangka Pekanbaru 28293

Tel: 0853 7478 9955 (Presiden HIPEMAROHI - Pekanbaru/CHARLES)
Tel: 0823 8283 2866 (Wapres HIPEMAROHI - Pekanbaru/ATMANSYAH)
Tel: 0813 7818 7558 (Admin Menkominfo HIPEMAROHI - Pekanbaru/RAFLY)

selamat mengurus beasiswa dan menunggu Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa Rokan Hilir 2014.

Tanjung Puting National Park

One of the internationally famous ecotourism destinations in Indonesia is Tanjung Puting National Park in the southwest of Central Kalimantan peninsula. Tanjung Puting National Park offers impressive experience to its visitors.

This is called a park, but unlike any park that you have seen in your city, this is a jungle! It is a real jungle, which is home to the most incredible animals in the world: orang utans and proboscis monkeys! The male proboscis monkeys are interesting because they have enormous snout. So, imagine yourself to be in the jungle and meet these special animals in their original habitat. What will you do when you meet them?

To see orang utans we should go to Camp Leakey. Camp Leaky is located in the heart of Tanjung Puting National Park. This is a rehabilitation place for ex-captive orang utans and also a preservation site. This camp was established by Birute Galdikas, an important scientist who has studied orang utans since 1971.

To reach the place, we should take a boat down Sekonyer river. The boat is popularly called perahu klotok which is a boathouse that can accommodate four people. The trip by the boat to Camp Leaky takes three days and two nights.

The traveling in the boat offers another unforgettable experience. You sleep, cook, and eat in that klotok, night and day during your journey into the jungle. In daylight, on your way to Camp Leaky, you can see trees filled with proboscis monkeys. At night, you can enjoy the clear sky and the amazingly bright stars as the only lights for the night.

Complimenting And Showing Care/Sympathy

COMPLIMENTING

Compliment is an expression to appreciate or praise other people. Compliment is useful to give encouragement so that people will keep on doing their best and even improve their performance.
When to express compliment :
- On general occasion,
- When someone has done his/her best,
- When you visit someone’s house for the first time,
- If you notice something new about someone’s appearance.

SHOWING CARE/SYMPATHY
Sympathy expression is an expression or feeling of pity and sorrow when we know and see people are unlucky, have trouble, or are in bad condition. For example, our friend is sad because his/her grandfather is sick. We can entertain him/her by showing sympathy. By expressing sympathy, we want to show our concern or care for other people’s condition.

The purpose of expressing sympathy is to comfort people who have trouble or are in bad conditions. It is also aimed to let people know that we care for them. We can express sympathy directly to him/her orally by saying something supportive. In this way, we let our friend know that we know about his/her sadness and we let our friend know that we care and want to help him/her. If the person who is in trouble is far from us, we can send him/her a letter, postcard, short message service (sms), or email to show our care/ sympathy.

bibliography : ebook English for public